Tuesday 2 March 2010




hahaha.. . . tiap kali denger nama bapak satu ini keknya gimana gitu..Dosen paling sableng diantara dosen lain satu jurusan. Gimana enggak ?? dari penampilannya aja udah bkin "idih".. Liat aja dari mulai alas kaki, celana sampai bajunya.. Sehari hari ketika beliau mengajar beliau mengenakan celana "cargo", dengan atasan kaos oblong putih tipis yang biasa dipake tukang tukang becak.. hahahaha. kemudian alas kaki nya menggunakan sepatu gunung (atau yang biasa kita kenal sepatu sandal).
Biasa kita memanggilnya "mas pujo".. ya, diantara dosen dosen kami seperti nggak ada batasan antara mahasiswa dengan dosennya. sampai sampai kita pun lebih sering manggil mereka dengan sebutan "mas".
nah, tapi jangan memandang sebelah mata mas pujo ini.. Walaupun penampilannya nyleneh, tapi doktor lulusan Amsterdam School for Social Sciences Research, University of Amsterdam ini adalah orang yang amat cerdas di mata saya. Sangat penuh dengan prinsip. Salah satu contohnya nih, beliau dengan teganya membiarkan kita "kependeng" (kalo bahasa jawane) di kelas. Beliau ga suka pake AC, katanya itu cuma boros-borosin listrik. Trus jendela-jendela semua dibukain lebar-lebar. Untung aja ga pernah dapet jatah kelas yang ga ada jendelanya. Mati wae le! *ga bs dibayangin* >_< Jadi misal nih, kalo kuliah jam 3 selesenya bisa abis isya' alias sekitar setengah 8 malem. Mateng rek! hahaha.
Soal disiplin, beliau selalu memandang dari sudut mana konteksnya. Contoh kalo telat kuliah aja nih, pokoknya yang telat langsung nyari tempat di depan deh biar beliaunya juga seneng. Karena kuliah beliau juga kebanyakan tentang metode-metode penelitian (fyi, si mas pujo ini emang hobi riset) jadi biasanya sama beliau kita diajarin banyak nulis. Kaya misal, kuliah Metode Penelitian Etnografi, kita diwajibin buat nulis 1500 kata per minggu tentang penelitian kecil terhadap pelaku produksi. Pastinya, tugas itu ga gampang. Jadi banyak dari kita yang keteteran ngumpulin tugasnya tiap minggu. Si dosen sebenernya maklumin hal ini. Kadang yang ngumpulin satu semester berikutnya aja masih diterima kog. Pokoknya asal kita mau usaha, pasti selalu dihargai deh ama beliau. Like this lah pokok e.. wekekeke.
Suatu ketika, beliau pernah diwawancarai di jogja tv, ceritanya UGM punya proyek buat promosiin tiap jurusannya. Dan kali ini (jumat, 2 Mei 2008 red.) ndilalah jatahnya buat jurusan Antropologi untuk tampil. Beliau ditemani ama mas Lono (Dr. Lono Lastoro Simatupang, M.A) si ketua jurusan Antropologi, seorang batak tapi nJawani. Tapi begitu mas Pujo disorot kamera, jadi tegang.. banyolannya nggak keluar. Sampe-sampe mbak Nindha, hostnya, berkomentar.. "Mas Pujo ki lucune metu yen ora disyuting..!" hihihi.. . maklum, wong ndeso mlebu tivi dadi grogi mbak. :p

2 Comments:

  1. Unknown said...
    Hahahahaha
    Gimana yach kalo semua maspoedjo pada kumpul yach....
    Semua nyleneh dan nggak ada yang nggak nyleneh.....
    Anonymous said...
    Sebentar lg "Mas Pujo" mau naik tahta yaitu menjadi dekan FIB. Mohon doanya dari temen-temen semua.

Post a Comment



By :
Free Blog Templates