Tuesday 16 March 2010

ki-ka : saya bersama tante2 gembira -> mbaknya lupa namanya, mb aya, gek wayan, mb ori..

Saya & Rara bersama keluarga Ni Nyoman Sriwinasih


bonus poto saya yg lagi narsis.. . hehe *biar kliatan bener klo lg di Prambanan*

Harusnya nih postingannya uda turun kemaren, tapi berhubung banyak banget yang pengen saya tulis, ya cuma sekedar wacana aja.. hahah. Tapi nih cuma postingan sementara, part 2 nya menyusul keknya. Jadi saya cm mo cerita intinya aja, walo postingan saya entah ada intinya ato ga..hehe..
Kemaren, tepatnya hari Senin, 15 Maret 2010.. Saya, Tole, Dyra, ama Rara berencana ke Prambanan untuk melihat prosesi hari ke-2 dari yang disebut dengan Hari Raya Nyepi yang dirayakan oleh umat agama Hindu. Sebelumnya, kemarin ada yang namanya "Melasti". Melasti ini adalah ritual dengan melabuh hasil-hasil bumi ke laut. Kemarin penyelenggaraannya dilakukan di pantai Parang Kusumo. Nah, yang kami datengin ini adalah prosesi hari ke-dua. Prosesi hari ke-dua ini disebut dengan "Tawur Agung". Tawur Agung adalah upacara yang dalam pemaknaan umat Hindu berarti untuk penyucian diri. Sebelumnya juga ditampilkan pawai ogoh-ogoh berupa patung raksasa yang bertarung melawan hasil bumi. Untuk mengantisipasi keterlambatan acara, saya dan teman-teman datang lebih awal, dari Jogja berangkat jam 9. Dari sini lah petualangan konyol kami dimulai. Hahahaha.. .
Berasa Elfa's Singers, kami naik trans jogja dari halte kosudgama.. Kenapa kita naik Trans Jogja? Selain biar ga panas, di sana juga ga ribet parkirnya soalnya bakalan rame banget. Sampe sana turun di pasar prambanan, trus jalan sampe ke depan gerbang masuk sebelah selatan. Pertama masuk lewat pintu gerbang karyawan yang dibuka khusus untuk umat yang akan beribadah. Tapi seketika langsung dicegat ama petugasnya, ternyata nggak boleh lewat situ. Trus kita masuk lagi lewat pintu kecil di deket parkiran, dari situ jalan ke dalem. Nah, kita dihadapkan ama dua pilihan, mau lewat pintu umat atau pintu pengunjung. Kalo lewat pintu pengunjung bayar 15 rebu.. . Dasarnya emang kami ini geng kepepet, males amat lah kalo per kepala harus ngeluarin 15 rebu. Wakakaka.. Akhirnya kita lewat pintu umat, tapi begitu mau masuk diantara kerumunan orang2 Hindu yang lain, ada mas2 di depan kami pake baju biasa yang dicegat petugasnya ditanya mau kemana.. Trus kami jadi parno karena juga pake pakaian "konvensional". Kami langsung keluar dari kerumunan dan lewat jalan lain. Hahaha.. benar-benar orang bodoh.. Trus Tole nawarin buat lewat jalan belakang, dari sana ada semacam celah gitu, biasanya penduduk sekitar masuknya lewat sana. Jalan lah kami ke arah timur, dengan keadaan berpanas-panas ria. Ternyata sampe sana pintunya uda ada yang jagain.. Arrghh sial. Uda jalan panas-panas n jauh, ternyata gagal. Akhirnya kami putsin buat telepon Mega, kata Mega masuknya lewat pintu umat dan itu ga pake bayar, ntar kalo ditanya pake alasan aja. Ya udah, akhirnya kami memberanikan diri lewat sana setelah sempat berputar-putar gak jelas. Sampe sana bener, ditanyain ama yang jaga.. Si rara yang di depan ngomong dan menjelaskan kalo kami rombongan undangan yang sebelomnya sebagian udah ada yang masuk duluan. Trus bapaknya bilang, "oh, yang tadi ya.." kami iya in aja, padahal ga dong.. Rara langsung nylonong masuk aja diikuti kami dibelakangnya. Bapaknya langsung ngurusin yang lainnya soalnya itu keadaannya penuh banget. Legaaaa banget akhirnya bisa masuk, setelah melewati kelakuan bodoh bertubi-tubi. Nghahahaha.. Di dalem ketemu temen-temen yang ternyata ada beberapa dari mereka harus merelakan 15 ribunya. Ckckck, kaya orang susah aja.
Ternyata nggak berapa lama setelah kami masuk, ritual tari ogoh-ogoh akan segera dimulai. Barulah dimulai acara inti yaitu upacara Panca Kelud Saka yang diakhiri dengan pembagian nasi tawur dan tirta caru. Beberapa foto belom sempet saya upload di sini, mungkin nanti di part 2.. hehehe. Sabar yaa.. :)

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates