Saturday 6 March 2010

Kesenian Tari Dolalak


Kakiku digigitin nyamuk.. . gara-gara kamuuu.. malas bersih-bersih. Betewe gak penting banget nginget-nginget jaman jahiliyah nyanyi lagunya Enno Lerian. hahaha..
Betewe lagi, ini hari sabtu, hari libur kuliah saya. Tapi tidak untuk kegiatan lainnya, nanti jam 1 saya harus latihan Marching Band sampe maghrib. Huuff.. . Jadi sekarang saya sedang santai-santai di kamar sambil berselancar dalam keadaan belum mandi.. hehehe. Trus semalem ada yang sms saya yang bikin saya mewek lagi *ups, curcol deh*
Oke, semua itu pokoknya ga ada hubungannya ama postingan saya berikut ini.
kemaren, hari rabu, tanggal 3 Maret ada perayaan Dies Natalis Fakultas saya. Rame banget, ada yang jualan makanan.. ceritanya festival kuliner gitu. Sayangnya ga serame kaya waktu pameran kuliner waktu international day dulu. Saya cuma tertarik ama makaroni schottel *bener ga ya tulisannya?? >_<* yang ada di stand Negara Italia. Abis itu trus saya ke depan gedung R.M Margono, di sana udah rame-rame gitu deh. Ternyata mau ada pertunjukan kesenian Dolalak, *lho, kog tau??* ya iya lah.. kan ada tulisannya di atas panggung --"
Dolalak adalah kesenian tradisional asal Kabupaten Purworejo. Tarian ini diiringi ama musik tradisional pake kendang ama bedug kecil, trus ada yang nyanyi2 gitu.
Dan dimulailah pertunjukan itu. Iwaw, ternyata penarinya cewe2 semua.. Mereka pake baju warna item lengan panjang, celananya cuma sampe dengkul trus pake kaos kaki sepakbola gitu warna merah. Pake Topi ama selendang di pinggang tapi cuma ditaro di sebelah kiri ajah.. Dandanannya elegan klo diliat, bagus lah.. Pertama-tama cuma nari-nari biasa, ya kaya tarian jawa biasa gitu. Tapi ini lebih enerjik, jangan dibayangin nari jawa gaya solo atau jogja yaa.. Ya semacam kaya jathilan gitu lah. Mereka pertama-tama nari bareng semuanya, trus sampe ntar salah satu ada yang kesurupan.
Nah, kebetulan pas itu jatahnya mbak Yanti yang kesurupan (salah satu penarinya). Semua penonton langsung kaget.. Mbak Yanti trus diberdiriin lagi setelah tadi terbaring. Trus tangannya sebelah kanan nutupin matanya. Ceritanya mungkin setannya silau kali yahh.. . hahah. Trus temen-temen yang lainnya bantuin buat makein kaca mata item. Abis dipakein kacamata trus si penari ini narinya beringsatan, agresif banget ngikutin suara musik. Kadang dia ngasih kode ke temennya buat minta minum aer putih ato kadang minta makan kembang. Abis tu juga minta dupa gitu, tak pikir mau dimakan, jebul cuma disebul2 gitu.. Medeni pokok e!
Kadang dia juga ngajak temen yang lain buat ngiringin dia nari. Yang diajakin kadang trus suka ngeluh, kliatan dari raut muka nya.. hihihi.
Kalo udah capek, ntar si penari yang kesurupan tadi berenti seiring ama berakhirnya musik. Trus dia pingsan, abis tu di jampi-jampi deh ama pawangnya. Sementara temen-temen yang lainnya bantuin megangin tangan ama kaki si yang kesurupan tadi. Heboh deh pokoknya.. Seru!!
Sayangnya saya nggak liat sampe akhir sih, ya kira-kira seperti itulah gambaran singkatnya tarian dolalak. Hehe..

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates