Sunday 21 February 2010

Dari namanya aja udah keliatan kog dari mana band ini berasal. Yup, dari kota Bontang, Kalimantan Timur. Nama kota ini sering disebut-sebut di pelajaran IPS dulu. hehehe.. Sebagai salah satu kota penghasil minyak bumi terbesar. Tapi justru Band ini dinaungi oleh PT. Pupuk Kalimantan Timur Tbk. Band ini lebih akrab disebut dengan sebutan MB PKT. Yang bikin gue ulas ini Band di sini adalah karena prestasinya yang luar biasa di tingkat Nasional bahkan Internasional. Di tingkat Nasional, Band ini pernah menjuarai GPMB sebanyak 9 kali dan diantaranya berturut-turut. Sampai-sampai muncul pameo seperti ini : "kalo MB PKT ikut GPMB nih yaa, tinggal nyari juara duanya siapa". Dan itu bisa dibuktikan selama beberapa tahun band ini mengikuti GPMB. Di tingkat Internasional, banyak prestasi dan penghargaan yang sangat membanggakan dan ikut mengharumkan nama Indonesia. Di ajang kompetisi Kuala Lumpur World Marching Band Competition (KLWMBC) di Malaysia, band ini memperoleh peringkat 3. Selain ajang kompetisi juga ada penghargaan tingkat Internasional, yaitu seperti di Tahun 1998 MB PKT memperoleh penghargaan "Sudler Shield Award dari World Association of Marching Show Bands (WAMSB)". Kemudian "Band of the Year 2001 dari World Association of Marching Show Bands"Memang tak selalu prestasi band ini ditentukan oleh faktor pelatih nya saja. Tapi sangat dipengaruhi oleh kerja keras seluruh tim, mulai dari pemain, pelatih, pengurus, bahkan dukungan dari pemerintah setempat. Pelatih asing sengaja didatangkan seperti Rene Conway dan Andy Dougharty yang notabene mereka pernah bermain di DCI. Dukungan dari pihak perusahaan dan pemerintah setempat membuat band ini semakin kuat secara finansial.
Gue, baru sekali nonton langsung penampilan band ini di GPMB yaitu di tahun 2008 dengan tema "The Best of PKT". Membawa lagu-lagu yang pernah dibawakan oleh MB PKT di tahun-tahun sebelumnya. Sebelumnya ya gue cuma denger dari orang ama majalah aja. Mentok juga karena nonton video-videonya. Kesan gue pas pertama kali nonton langsung, ihwaw.. Cuma bisa belolok matanya, merinding abis. Sound Productionnya OKE BANGET, stereo mah kalo kata speaker. Display nya bisa dibilang rumit, marching manuveringnya ohh God gilaa.. Cuma sayangnya, kalo gue boleh kasih pendapat.. Guardnya mlempem. Oke, boleh dibilang rapi dan berwarna. Tapi tekniknya kog biasa ajah yaa, kurang variatif gituh. Gak ngimbangin jadinya ama teknik player musiknya.
Terlepas dari itu semua, pagelaran yang dibawa MB PKT seimbang tak hanya mengandalkan konsep yang mewah khas band-band perusahaan, tapi juga diiringi dengan teknik bermusik yang luar biasa.
Oke, kira-kira kaya gitu aja sih sekelumit pandangan gue tentang MB PKT. Kalo misal ada yang ga setuju ato kurang berkenan boleh kog leave comment.. hehe. Insya Allah gue tanggepin. :)

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates