Wednesday 24 February 2010

Kuliner Surabaya-Gresik

Beberapa waktu yang lalu, sekitar awal februari yang lalu gue sempet jalan-jalan ke Surabaya. Walo sebenernya nginepnya ga di Surabaya sih, tapi di Gresik. Waktu tempuh untuk Surabaya-Gresik sekitar setengah jam. Ya kira-kira jaraknya kaya jogja-Prambanan lah. Sebenernya ke sana juga cuma pake modal nekat. Pake uang saku waktu gue PPL 2 minggu sebelum main ke sini. Yup, emang habis PPL selama 2 minggu karena mati gaya di sana, trus pengen refreshing ke kota lain yang banyak peradabannya. Gue putusin buat ke Surabaya aja, walo sempet pernah ke sana dulu tapi gak kerasa, soalnya waktu itu sama pakdhe cuma diajak ke monumen pahlawan doang trus langsung pulang, gak pake keliling2. Selain itu juga ada yang subsidiin gue buat ke sana. hahaha.. Jadi gue cuma modal berangkat aja, pulangnya temen gue yang bayarin tiketnya. Nah, begitu gue turun dari bus abis dari PPL itu, gue langsung hubungi sahabat gue, Adit, buat nyulik gue nginep di rumahnya semalem. Jam setengah 8 malem nyampe jogja langsung ke rumah adit buat naro travel bag gue yang gede banget. Trus langsung ke Stasiun Tugu pesen tiket. Nyampe sana ternyata bagian reservasi udah tutup, trus langsung ke bagiaan informasi nanya2 kereta. Pilihan gue cuma 3, Turangga, Bima ato Sancaka Pagi. Pokoknya kalo bisa malem itu bisa berangkat pikir gue waktu itu. Ada Mutiara Selatan, tapi itu bisnis yang harganya sama kaya harga Sancaka Eksekutif. Nahloh, rugi kan? Makanya gue langsung nge-blacklist tuh kereta. Waktu nanya ke bagian informasi, Turangga tinggal beberapa kursi aja dan ga ada yang di deket jendela. Sancaka juga tinggal beberapa. Cuma Bima yang masih sisa kursi banyak. Abis nanya2 ama mbak2 nya yang jaga di bagian informasi yang sempet bikin heboh itu trus gue ke loket pembelian langsung yang ada di depan. Bapaknya yang jaga sedikit judes gt deh. Apa gara-gara ni udah malem yaa.. hmm. Nanya-nanya harga ama bapaknya, kalo Mutiara Selatan emang bener 110rb, Turangga 130rb, Sancaka Pagi 100rb, dan kata mbaknya tadi kalo Bima 130rb juga, ternyata kata bapaknya 300rb. WHAT?? gw shock waktu bapaknya bilang 300rb. Gue pikir bapaknya bercanda nih. Tapi emang kata si bapak kalo week end harganya melambung banget. Dasar monopoli kereta api! Abis diskusi dikit ama si Adit, akhirnya gue putusin naik Turangga. Habis tu balik ke rumah Adit trus tidur bentar deh. Jam 1 pagi gue udah bangun, padahal keretanya jam setengah3 pagi. Gue parno kalo telat muspro ntar tiketnya.. hahaha. Oke, jam 2 berangkatlah gue. Sampe stasiun udah ada beberapa orang yang juga nunggu keretanya masing-masing. Jam setengah3, ZzzZZ.. krik krik krik. Jam 3, ting tong ting tong.. Ternyata Bima yang dateng. Weleh.. Ni kereta pasti telat deh. Beruntungnya gue punya temen anak railfans(penggila kereta api.red). Dia smsin temennya buat monitorin lokomotif yg narik Turangga. Dan ternyata bener, keretanya baru masuk Kutoarjo. Bah.. paling cepet satu setengah jam masuk Jogja. Katanya ni kereta sempet selip pas di tanjakan Ngagrek. Kebetulan di sana lagi ujan, tapi cuma rintik-rintik yang bisa bikin kereta selip. Trus keretanya lagi nuggu loko satu lagi dari Tasik buat narik.
Bener ternyata, ni kereta baru masuk jogja jam setengah 4 pagi. Et dah, kering gue nunggunya. Telatnya kebangetan dah. Begitu gue masuk ke dalem kereta, nyes.. Bakalan jadi Nugget dibekuin deh ntar keluar-keluar. Interior kereta ini oke banget, keretanya masih baru. Kalo kata PT KA sih namanya kereta retrofit, kereta lama tapi di permak jadi baru. Joknya pake bahan kulit, TV nya pake LCD Plasma, wangi, Bagasi penumpang pake model tutup kaya di pesawat.. keren lah pokoknya. Tiap satu jam sekali ada petugas kebersihan yang ngambilin sampah, bersihin kamar mandi, dll. Prama praminya masih muda dan menarik.. . menarik becak maksudnya. wakakaka..
Bener deh, AC di kereta tuh lebay. Gue harus sering bolak balik buat pipis di toilet.
Akhirnya, jam setengah 9 sampe lah gue di Surabaya. Tepat waktu lah dengan waktu tempuh sekitas 5 jam. Sampe sana dijemput temen gue langsung pulang ke gresik. Seharian istirahat di rumah aja. Malemnya diajak temen jalan jalan keliling surabaya sekalian dia check up behel nya. Trus pulangnya beli ketan duren. Jadi bentuknya bulet gitu kaya jadah, tapi dari ketan. Trus dikasih santan yang dicampur ama duren.. Mmhh, rasanya manteb banget. Ada sensasi gurih juga manis. Sekalian juga beli makan malem nasi goreng Kediri yang enak abis. Mirip kaya nasi goreng biasa sih, tapi apa ya yang bikin beda.. hmm, mungkin dia lebih kering aja, gak terlalu berminyak gitu, gak terlalu banyak pake kecap. Enak lah pokoknya.
Selain makanan yang tadi, gue juga ngrasain yang namanya Lontong Balap. Isinya lontong, pake kecambah banyak banget, trus dikasi tahu, irisan bakso goreng, ama dikasih kuah kaya tahu guling tapi ni lebih encer dan lebih gurih, lebih mirip kaya kuah sop tapi ada manisnya dikasih gula jawa. Kenyang banget makan satu porsi. Menurut gue rasanya standar ajah, ya gak enak-enak banget gitu lah. Pasangan minumnya kali ini Es Oyen, kalo ini sih katanya dari Bandung, tapi banyak dijual di Surabaya-Gresik. Enak, kaya es campur gitu, manis. Ada lagi gue juga ngrasain yg namanya Soto Lamongan, warnanya lebih kuning, irisan daging ayamnya gede2 pipih gitu, trus ada telur uritannya. Terakhir, pas gue pulang. Dibawain yang Namanya nasi Krawu, kalo ini khas Gresik. Nasi putih biasa gitu, tapi dikasih lauk daging sapi yang dicampur ama semacam srundeng (parutan kelapa yang dikeringin dimasak pake bumbu semacam gula jawa mungkin). Ini juga enak menurut gue. Itu aja sih beberapa kuliner yang sempet gue makan pas main ke Surabaya. Sayangnya walo sempet muter-muter, kita ga mampir ke tempat wisata kaya museum kapal selam, Tugu Pahlawan, dll. Yahh, mungkin lain waktu aja deh. :)